Tips Memberikan Sarapan Sehat Untuk Anak Sekolah

Terkadang sangat sulit untuk membangunkan anak sehingga sarapan sehat untuk anak sekolah sering kali diabaikan seiring berjalannya waktu. Anak-anak akhirnya pergi ke sekolah dan melewati sarapan. Apabila ini terus dibiarkan maka akan berdampak pada kesehatan si kecil bahkan anak juga bisa kurang bersemangat saat di sekolah.

Menu sarapan haruslah bisa mencakup 15-25% dari asupan harian sehingga jika tidak sarapan maka asupan harian juga akan berkurang. Ini juga akan berdampak pada kinerja si kecil saat sekolah karena melewati sarapan sehingga energi yang dibutuhkan menjadi kurang. Itulah mengapa sarapan juga sangat penting selain untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan energi juga menghindari masalah kesehatan di kemudian hari.

Sarapan Sehat Untuk Anak

  1. Cukup Protein

Protein dalam jumlah yang cukup sangat penting bagi tubuh kita, terutama bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Asupan protein tidak hanya menjadi sumber energi cadangan, tetapi juga membantu penyembuhan sel-sel yang rusak. Sarapan berprotein tinggi dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan nutrisi harian sehingga bisa lebih aktif saat di sekolah.

  1. Berisi Lemak ‘Baik’

Lemak baik di sini seperti asam lemak omega-3 dan omega-6. Anak-anak membutuhkannya karena membantu meningkatkan keseimbangan antara otak dan tubuh. Salmon berlemak sehat yang tinggi, seperti asam lemak omega-3. Makanan lain yang memiliki lemak baik seperti tuna, sarden, kacang-kacangan, biji wijen, almond dan alpukat.

  1. Pintar dalam berkreasi dan memasak

Untuk menyiapkan menu sarapan sehat untuk anak sekolah dibutuhkan keterampilan dan juga kreatif dalam menyajikan makanan agar si kecil ingin makan. Jika tidak suka sayur-sayuran, Ibu bisa mencoba untuk memasukkan sayuran seperti wortel ke dalam omelet telur atau nasi goreng. Ini juga untuk memastikan agar kebutuhan nutrisi anak terpenuhi. Bisa juga dengan mencampurkannya ke dalam bubur ayam favorit anak.

  1. Hindari makanan cepat saji

Memang makanan cepat saji lebih praktis hanya perlu di pesan atau juga dibuat sendiri misalnya seperti sosis, nugget, kentang goreng, dll. Namun makanan ini termasuk junk food yang jika dikonsumsi berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan. Kandungan garam dalam junk food juga tinggi sehingga disarankan untuk dihindari. Ganti dengan makanan dengan karbohidrat kompleks seperti ubi, oatmeal, dan lainnya yang lebih sehat.

Menu Sarapan Sehat Untuk Si Kecil

Apabila si kecil telat bangun dan tidak sempat sarapan, tetap pastikan agar si kecil makan dengan membawakan bekal. Dengan ini maka si kecil tetap akan mengonsumsi sarapan pada saat di jalan menuju sekolah. Jadi tidak ada alasan untuk tidak makan. Ibu bisa mempersiapkan bekal sederhana untuk dibawa si kecil.

Ibu bisa menambahkan Milo ke dalam menu sarapan sehat untuk anak sekolah. Pembuatannya yang praktis hanya perlu dimasukkan ke dalam tempat minum anak sehingga bisa dibawa ke sekolah atau diminum langsung di rumah. Milo 3in1 memiliki kandungan 25% gula lebih rendah, ekstrak malt dan cokelat yang membuat rasanya lebih nikmat.

News Reporter