Penyebab Alergi Dingin Pada Anak dan Cara Mengatasinya

Alergi dingin pada anak bisa saja terjadi karena beberapa penyebab tertentu. Reaksi alergi ini ditimbulkan karena sistem imun yang mengeluarkan reaksi yang berlebihan ketika menerima reaksi yang dingin pada permukaan kulit. Sistem imun memproduksi histamin berlebih dan juga senyawa kimia lainnya sehingga menyebabkan alergi.

Penyebab Alergi Dingin Anak

Sebelumnya belum ada penyebab pasti mengapa anak bisa mengalami alergi dingin. Ini karena penyebab yang dialami setiap anak berbeda-beda. Sebenarnya, hal ini baik karena tindakan sistem imun yang memproduksi histamin dan senyawa kimia lainnya bertujuan untuk melindungi tubuh dari zat asing.

Sayangnya, sistem imun tubuh menganggap bahwa suhu dingin adalah senyawa berbahaya yang sedang menyerang tubuh sehingga terjadi pelepasan zat berlebih yang seharusnya tidak dibutuhkan. Inilah yang menyebabkan munculnya gejala alergi dingin pada tubuh.

Jadi bisa disimpulkan bahwa pemicu alergi dingin ini disebabkan karena adanya penurunan suhu udara secara tiba-tiba membuat tubuh kaget sehingga menimbulkan reaksi alergi pada kulit. Udaran yang lembab dan berangin juga dapat menimbulkan gejala. Biasanya rentang waktu gejala bisa berlangsung hingga sekitar dua jam atau lebih tergantung kondisi tubuh dan kondisi cuaca.

Gejala alergi dingin pada anak bisa menjadi lebih parah jika kondisi tubuh anak memang sedang lemah atau ketika anak dibiarkan berenang di dalam air dingin. Bahkan pada kondisi terburuk, anak bisa mengalami kehilangan kesadaran dan mengalami syok anafilaksis.

Alergi dingin juga ternyata bisa diwariskan secara genetik jika ada keluarga dengan riwayat kondisi yang serupa maka mungkin saja gejala yang dialami merupakan gejala alergi dingin. Jika mengalami alergi dingin, maka perlu segera diatasi dengan tepat.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

Apabila anak mengalami gejala alergi dingin, maka sebaiknya segara bawa anak untuk memeriksakan diri ke dokter. Bisa saja gejala yang ringan bisa menjadi gejala yang berat apabila tidak segera ditangani dengan tepat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan rekomendasi penanganan yang tepat termasuk memberikan obat-obatan yang tepat sesuai dengan kondisi si kecil. Anda bisa menanyakan hal seputar alergi. Apabila timbul gejala berat, segera bawa anak ke IGD untuk mendapatkan penangangan yang cepat.

Pastikan juga untuk menjaga tubuh anak tetap hangat. Bisa saja karena sedang berada di ruangan ber-AC atau karena terkena kipas angin secara langsung menjadi pemicu alergi. Jika cuaca sedang dingin maka selimuti si kecil agar dia tetap hangat bisa juga dengan mengenakan kaos kaki, celana panjang, baju lengan panjang, atau jaket hingga gejalanya mereda.

Alergi dingin pada anak memang tidak boleh diabaikan dan harus segera diatasi. Anda juga sebaiknya tetap menjaga sistem imun tubuh anak dengan memberikan nutrisi yang tepat setiap harinya misalnya dengan pemberian susu formula SGM yang mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak selama tumbuh kembangnya.

News Reporter