Penting! Ini Efek Minum Kopi bagi Wanita

Saat ini minum kopi sudah menjadi rutinitas dan juga gaya hidup. Rasanya belum lengkap jika belum minum kopi untuk memulai hari. Memang tidak ada salahnya mengonsumsi kopi setiap hari, namun jika berlebihan akan menimbulkan efek samping khususnya pada wanita. Nah, berikut ini efek minum kopi bagi wanita.

Tulang Keropos

Minum kopi juga dapat menyebabkan tulang yang lebih rapuh pada wanita. Kafein dalam kopi mempengaruhi kesehatan tulang dengan cara menurunkan penyerapan kalsium dalam tubuh.

Jika Anda mengonsumsi kopi bersama dengan susu, maka kalsium susu di dalam susu tidak akan diserap dengan sempurna. Maka dari itu dapat menyebabkan tulang keropos karena kekurangan kalsium.

Aktivitas Terganggu

Tak hanya dikagumi karena rasanya yang nikmat, banyak orang yang mengonsumsi kopi setiap hari untuk menghilangkan rasa kantuk. Kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan kewaspadaan sehingga membuat otak jadi lebih fokus dan kerja jadi lebih produktif. 

Namun, jika Anda mengonsumsi kopi setiap hari akan ada efek samping yaitu munculnya kegelisahan dan kecemasan apalagi jika mengonsumsi kopi pada waktu yang salah seperti sore atau malam hari. Hal ini justru akan membuat Anda sulit tidur dan akan bangun dengan tubuh kelelahan. Selain itu, kopi juga dapat menyebabkan ketergantungan.

Mengancam Kesehatan Lambung

Setelah Anda mengonsumsi kopi, pasti akan muncul rasa asam pada mulut. Hal ini karena kopi memiliki rasa asam. Maka dari itu, jika Anda memiliki luka atau masalah di lambung sebaiknya hati-hati saat mengonsumsi kopi.

Jika Anda mengonsumsi kopi di pagi hari, maka dapat mengganggu sistem pencernaan. Apalagi saat Anda mengonsumsi kopi dengan perut kosong, efek minum kopi akan memicu asam lambung. Jika Anda ingin mengonsumsi kopi pada pagi hari, sebaiknya konsumsi setelah Anda sarapan.

Masalah Pada Gigi dan Gusi

Tak hanya berdampak buruk bagi lambung, efek buruk minum kopi setiap hari juga dapat menyerang gusi dan gigi. Kopi biasanya mengandung banyak gula dan tanin yang asam, kedua zat ini dapat mengikis lapisan pelindung gigi secara perlahan. Tak hanya itu, kopi juga dapat membuat warna gigi menjadi kekuningan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi.

Gangguan Kesuburan

Mengonsumsi kopi 2 cangkir atau lebih per hari juga dapat mengganggu organ reproduksi. Gangguan ini seperti gangguan tuba falopi, endometriosis dapat terjadi pada mereka yang mengonsumsi kopi berlebihan. Endometriosis yang menyerang rahim dapat mempengaruhi kesuburan seorang wanita.

Keguguran

Mengonsumsi kopi juga dapat menyebabkan keguguran pada wanita. Kafein dapat meningkatkan risiko keguguran pada wanita hamil hingga 2 kali lipat. Selain itu, mengonsumsi kopi selama masa kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Itulah efek minum kopi bagi wanita. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengonsumsi kopi sesuai batas yang aman untuk mengurangi risiko buruk bagi tubuh. Konsumsi kopi dengan dosis yang tepat.

News Reporter