Pecandu Kafein Wajib Tahu 5 Aturan Ngopi Berikut Ini!

Indonesia masuk lima besar penghasil kopi di dunia sehingga komoditas kopi punya pasar domestik dan luar negeri yang potensial. Tak heran kalau sebagian besar masyarakat Indonesia suka menikmati secangkir kopi setiap pagi. Pada level yang sudah kecanduan kafein, konsumsi kopi bisa lebih dari tiga cangkir setiap hari dengan bantuan mesin kopi di rumah. Agar konsumsi kopi bisa memberikan manfaat kesehatan, sebaiknya Anda tahu aturan penting konsumsi kopi.

Aturan mengonsumsi kopi yang baik

Supaya Anda bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari minum kopi setiap hari, sebaiknya ketahui aturan minum kopi yang baik berikut :

1. Ketahui batasan normal

Sebaiknya Anda mengonsumsi kopi maksimal 2-3 cangkir untuk menjaga kesehatan tetap prima. Pasalnya, kelebihan kafein bisa menyebabkan masalah insomnia, gelisah, susah tidur hingga penyakit yang lebih parah. Apalagi Anda menambahkan bahan pemanis lain seperti gula atau susu, risiko terkena penyakit diabetes dan hipertensi bisa lebih tinggi.

2. Perhatikan kondisi fisik lebih dulu

Jika Anda pencinta kopi sebelumnya, minum beberapa cangkir kopi mungkin tidak sebabkan masalah. Namun, Anda yang punya riwayat kesehatan seperti penyakit jantung dan hipertensi, sebaiknya mulai kurangi porsi ngopi setiap hari. Pada kasus tertentu, orang yang mengonsumsi kopi berlebihan dengan riwayat penyakit berpotensi bisa memperparah kondisi kesehatan.

3. Membuat kopi di rumah

Alih-alih pergi ke kafe kekinian, sebaiknya Anda memiliki mesin kopi di rumah. Lebih terjamin mutu, higienis, praktis, dan bisa menghemat anggaran nongkrong Anda setiap hari. Setidaknya Anda bisa membuat racikan kopi dengan mesin kopi sendiri yang terjamin kebersihannya.

4. Menambahkan pemanis alami

Sebaiknya Anda memang mengonsumsi kopi hitam untuk mendapatkan manfaat kesehatan daripada menambahkan bahan pemanis lain. Jika Anda sudah terbiasa dengan rasa manis, mulai kurangi penambahan gula pasir atau susu. Gunakan pemanis alami yang lebih rendah gula seperti gula jagung, madu atau stevia. Pemanis alami tetap punya kadar gula, tetapi tidak memberikan efek yang lebih drastis dibandingkan gula pasir.

5. Menggunakan penyaring kertas

Saat membuat kopi, Anda bisa menggunakan penyaring kertas untuk mengurangi senyawa cafestol atau senyawa yang bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menikmati kopi di rumah agar Anda bisa mendapatkan manfaat sehat.

Selain beberapa tips mengenai aturan ngopi sehari-hari, Anda juga harus mengurangi keinginan minum kopi di atas jam 2 siang. Pasalnya, konsumsi kopi terlalu sore bisa menyebabkan masalah tidur pada malam hari. Batasi jam minum kopi maksimal pukul 5 atau 6 sore agar Anda bisa tidur lebih cepat sekitar pukul 10 malam tanpa gangguan insomnia, ya! Yuk, beli mesin kopi di rumah agar Anda bisa membuat kopi sesuai selera tanpa tambahan gula, susu atau whipped cream setiap hari!

News Reporter