Cara Menghindari Iritasi Vagina Akibat Pembalut

Tidak hanya kulita pada wajah serta kulit pada bagian tangan saja yang butuh perawatan ekstra. Kulita pada daerah intim kewanitaan juga harus dijaga serta dirawat secara baik dan tepat. Perawatan yang baik dan tepat menghasilkan kulit yang sehat, kulit yang sehat terhindar dari penyakit kulit seperti iritasi yang bikin hidup gak nyaman, baik itu dalam keadaan bangun ataupun tidur.

Vagina menjadi salah satu area kewanitaan yang paling mudah mengalami iritasi yang diakibatkan oleh jamur serta bakteri. Walaupun sebenarnya hal tersebut tidak berbahaya tapi sensai gatal yang ditimbulkan benar-benar membuat hidup terasa tidak nyaman. Ketika perawatan pada area kewanitaan ini tidak dilakukan dengan baik dan benar maka rasa gatal karena bakteri dan jamur akan selalu terulang kembali dan semakin parah.

Lapisan paling luar atau yang kita kenal dengan lapisan epidermis yang terdapat pada area vagina merupakan yang tertipis diantara yang paling tipis ditubuh wanita. Memang benar ada berbagai macam faktor kenapa area tersebut sangat mudah sekali iritasi mulai dari faktor hormon, kebersihan dll

Setiap wanita yang haid maka tingkat resiko iritasi juga semaki tinggi, ini terjadi karena kalau wanita haid, area vaginanya cenderung lembab dan sangat sensitif dibandingkan dengan kondisi normal.

Iritasi ditandai dengan adanya bercak merah pada bagian tubuh kewanitaan lalu ketika telat penanganan akan timbul rasa gatal dan diakhir dengan adanya ruam dikulit.

Penggunaan pembalut yang tidak tepat dengan kualitas pembalut yang buruk misalnya bahan yang tidak elastis, sirkulasi udara tidak bekerja dengan baik juga bisa berakibat iritasi pada kulit area kewanitaan. Kesalahan dalam memilih pembalu tersebut akan menghabat aktivitas sehari-hari serta menurunkan tinggkat kepedeaan seseorang.

Jangan tergoda dengan pembalut yang bersifat harum bak pafrum karena ini mengandung bahan kimia berbahaya yang bakal bikin area vaginamu lebih rentang terhadap iritasi.

Sudah banyak sekali pembahasan seputar bagaimana cara mengatasi iritasi pada vagina yang diterbitkan didunia maya. Tapi tidak ada salahnya untuk kita coba sampaikan kembali sekedar membangkitkan memori ingatan anda yang sedikit lupa.

Cara mencegah iritasi Vagina pada saat haid

  • Gunakan pakaian yang senyaman mungkin menurut anda, terutama berbahan katun agar mudah menyerap keringat di area kewanitaan.
  • Biasakan untuk menglap sampai kering saat membersihkan area vagina agar kondisi tidak lembab. Gunakan handuk yang lembut untuk menglap area vagina.
  • Pilih pembalut yang sudah SNI, Halal serta tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Hindari juga yang mengandung parfum.
  • Dalam kurun waktu 3-4jam sekali, ganti pembalut dengan yang baru. Apabila dalam kurun waktu tertentu belum ada 3-4jam sudah penuh maka gantilah dengan yang baru

Meskipun pembalut ada sahabat wanita saat haid, salah memilih sahabat bisa berakibat fatal. Jadi pilih pembalut yang sudah teruji kualitasnya, jangan yang abal-abal pilih pembalut pada masa menstruasi.

News Reporter